Selayang Pandang Teknik Informatika ITS More »

Maskot RPL More »

Karya Admin RPL di EXPO NST SCHEMATICS 2014 More »

Ini Dia, Fitur Baru Android 5.1 Lollipop More »

 

Category Archives: Java

Java 2 Enterprise Edition (J2EE)

J2EE adalah singkatan dari Java 2 Enterprise Edition, dan sejak versi 5 berubah menjadi Java EE atau cukup Java Enterprise Edition. Java EE adalah sebuah spesifikasi, bukan berupa product berwujud nyata. Ada banyak vendor software atau komunitas opensource membuat software berupa application server yang mengikuti standard Java EE sehingga disebut Java EE compliant application server.

Application server ini memungkinkan kita untuk membuat aplikasi berskala enterprise dengan lebih mudah karena application server sudah menyediakan berbagai fasilitas yang siap untuk digunakan sebagai pendukung aplikasi kita.
Full Java EE compliant application server menyediakan berbagai service seperti web container, messaging, web service, mail, directory service, database connectivity, distributed transaction, remoting, persistence, dan lain lain.

Contoh application server adalah Glassfish, Oracle AS, JBoss, IBM Websphere, JRun, JOnAS, dll. Apache Tomcat adalah salah satu webserver/webcontainer untuk aplikasi web Java yang cukup terkenal, tapi bukan termasuk Java EE application server karena tidak menyediakan semua service yang ada di spesifikasi Java EE. Jika kita membuka website sun.java.com, dan menuju halaman tentang Java EE, maka kita bisa mendownload salah satu produk implementasi Java EE yang dibuat di bawah kendali Sun Microsystem, yaitu Sun Java System Application Server, yang sebenarnya adalah nama lain dari Glassfish application server.